Kelinci, Mamalia darat yang cantik

index

Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi. Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu). Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje yang berarti “anak kelinci”. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau Sumatera ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang baru ditemukan pada tahun 1972.

Saat ini sejumlah jenis kelinci menjadi hewan peliharaan dan hewan pedaging. Beberapa jenis kelinci sebagai hewan pedaging juga ada yang dijadikan hewan peliharaan. Jenis kelinci terbesar di dunia, yaitu Continental Giant biasanya dijadikan hewan pedaging, tetapi ada juga yang memeliharanya dan secara resmi telah menjadi kelinci terbesar di dunia dengan tingi/panjang 4 feet + 4 inci (132 sentimeter) dan berat 3,5 stones (22,2 kilogram).

Kelinci memiliki punggung yang melengkung dan ekornya pendek. Memiliki kepala yang kecil serta daun telinga yang agak tegak ke atas. Namun, beberapa jenis dari Kelinci ada yang memiliki telinga terjuntai ke bawah. Bibir Kelinci pada bagian atas terbelah dan tersambung hingga hidung.  Ada Beberapa helai kumis atau misai yang keras di bagian hidung. Pada bagian di sekitar mata ada beberapa lembar bulu mata panjang. Kelinci memiliki telinga yang besar. Kelinci betina biasanya memiliki telinga yang lebih besar daripada Kelinci jantan. Kaki belakang Kelinci lebih panjang serta lebih kuat daripada kaki depannya. Kelinci merupakan hewan peloncat, akan tetapi loncatannya lemah dan kurang kurang lincah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s